Tutorial Mengganti Domain Blogspot ke Custom Domain di Niagahoster

Setelah sebelumnya saya membuat artikel Tutorial membeli custom domain untuk Blogspot di Niagahoster, langkah selanjutnya yang perlu teman-teman lakukan adalah konfigurasi di Akun Blogger dan Member Area Niagahoster teman-teman. Caranya nggak sulit kok, teman-teman tinggal ikuti saja tutorial dibawah ini:

- KONFIGURASI DOMAIN DI AKUN BLOGGER

1. Login ke akun Blogger teman-teman yang akan di Custom Domain
2. Pilih menu Setelan, seperti berikut ini:


3. Setelah di klik maka akan muncul seperti gambar dibawah ini. Pilih '+ Sisipkan URL pihak ke-3 untuk blog anda'



4. Selanjutnya akan ada form untuk mengisi nama domain. Masukkan dengan nama domain yang sudah teman-teman bayar sebelumnya di Niagahoster (Tutorial membeli domain di Niagahoster). Kemudian klik 'Simpan'. Note: Jangan lupa pakai www di depan nama domainnya


5.  Setelah itu akan ada pesan error, abaikan saja pesan errornya. Yang teman-teman perlukan disini adalah CNAME 1 dan CNAME 2 untuk konfigurasi di member area Niagahoster nantinya. Setelah selesai, teman-teman ikuti langkah-langkah Konfigurasi domain di member area Niagahoster dibawah.



- KONFIGURASI DOMAIN DI MEMBER AREA NIAGAHOSTER

1. Kunjungi alamat niagahoster.co.id kemudian klik Member Area -> Login



2. Klik menu Produk dan Layanan. Pada nama domain yang sudah teman-teman pesan, klik Kelola



  3. Selanjutnya klik pada menu DNS Management. Lalu teman-teman tinggal klik menu Add New Record. Nah, darisini teman-teman tinggal meng-inputkan 4 buah IP Blogspot (IPV4) dan juga 2 buah kode Cname Record





4. Masukkan satu per-satu alamat IPV4 (IP Blogspot) yakni:

216.239.32.21 
216.239.34.21 
216.239.36.21 
216.239.38.21 

Detail pengisian form input contohnya seperti berikut ini:

Record Type (pilih) : A Record
Domain (diisi)@
Alamat (diisi) : 216.239.32.21
TTL : 14400



Setelah selesai, teman-teman tinggal klik tombol Save Changes

Ulangi hingga ke-4 IP diatas terisi semua dan jangan lupa untuk mengisi CNAME 1 dan CNAME 2 yang sudah kita dapatkan dari langkah-langkah konfigurasi domain di akun Blogger diatas. Berikut screenshots hasil akhirnya:




- KONFIGURASI TERAKHIR

Teman-teman login lagi ke akun Blogger teman-teman (Ikuti langkah 1-4 Konfigurasi domain di akun Blogger). Apabila teman-teman melihat halaman seperti ini, maka teman-teman harus menunggu dulu, propagasinya maksimal 1x24 jam dari Google-nya.




Apabila sudah bisa klik tombol Simpan, dan tidak ada error. Maka akan muncul halaman seperti ini:



Setelah itu jangan lupa untuk centang Alihkan blablabla, fungsinya supaya blog teman-teman bisa diakses baik menggunakan www maupun tanpa www. Terakhir, klik tombol Simpan

Oke selesai. Dengan begitu berarti blog teman-teman sudah bisa diakses dengan nama domain yang sudah didaftarkan tersebut. Mungkin itu saja yang bisa saya bagi ke teman-teman semuanya dalam Tutorial Mengganti Domain Blogspot ke Custom Domain di Niagahoster.

Semoga bermanfaat :)


Related Post



Copyright © 2017 priawadi.com All Rights Reserved.