Klaim Garansi Internasional Apple di Indonesia, GRATIS!


Halo teman-teman semuanya!

Saya mau berbagi pengalaman nih untuk Klaim Garansi Internasional Apple di Indonesia. Kebetulan saya beli produk Apple dengan garansi Internasional, tepatnya di Apple Orchard Road Singapore. Pada waktu itu lagi ada kegiatan kantor, dan bertepatan juga dengan produk Apple tersebut baru launching dan belum ada di Indonesia. Kapan lagi kan bisa punya produk yang teman-teman di Indonesia belum pada punya? Oh iya, yang saya beli itu AirPods 2 Wireless Charger. 

Beberapa bulan kemudian tiba-tiba AirPods saya itu bermasalah. AirPods sebelah kanan error dan tidak dapat di cas. Pemberitahuan Errornya seperti dibawah:

AirPods sebelah Kanan ERROR

Panik dong. Sepulang dari kantor saya langsung menyempatkan diri ke iBox Margo City (Kebetulan saya tinggal di Depok) dengan harapan disana bisa langsung di service. Saya bawa semua, invoice pembayaran dan kotak AirPods-nya buat jaga-jaga. 

Setelah sampai di iBox, ternyata disana tidak bisa bantu service. Mereka cuman menjual produk Apple tapi tidak menyediakan jasa service (kecewa). Akhirnya saya disaranin untuk ke iBox Service Center di Menteng (iBox Menteng Central). Tapi kalau garansi Internasional sepertinya ada tambahan biaya katanya, dan lumayan mahal. Soalnya kalau ada apa-apa, barangnya dikirim ke Singapore dulu. Rada mikir juga sih, tapi yasudahlah daripada AirPods-nya cuman bisa dipakai sebelah.

Sesampainya dirumah, saya coba cari-cari artikel di Internet terkait klaim garansi Internasional Apple. Rata-rata hasilnya memang harus bayar sih walau masa garansinya masih ada. Minimal biaya ongkos kirim ke Singapore. Tapi artikelnya rata-rata sudah lama. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba, barangkali kebijakan sekarang sudah berubah. 

Alamat iBox Menteng Central: 
Jl. HOS. Cokroaminoto No.106-109, RT.2/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310. 

iBox Menteng Central buka setiap Senin sampai Sabtu dari pukul 10 pagi sampai 6 sore. Jadi kalau mau kesini mending daripagi, soalnya antriannya lumayan. Kalau kesorean takutnya tidak dapat nomor antrian. Lokasinya tidak terlalu kelihatan kalau dari jalan, tapi kalau ikutin Google Maps sih persis sama. Jadi kalau sudah sesuai titik, langsung berhenti saja. Lokasinya persis di depan hotel Ibis Budget Menteng.

iBox Menteng Central

Sabtu, 11 Januari 2020 (Service AirPods)

Pagi-pagi saya sudah siap-siap untuk service AirPods ke Service Centre Apple di Menteng. Karena lokasinya lumayan jauh, jadi saya menggunakan Commuter Line. Awalnya saya mau berhenti di Stasiun Cikini, tapi ternyata salah kereta. Jadilah berhenti di Stasiun Sudirman, selanjutnya saya lanjutkan via Grab Car sampai ke lokasi.

Sesampai di iBox, saya langsung ambil nomor antrian dan menunggu sampai nomor antriannya dipanggil. Setelah dipanggil, saya diminta untuk menjelaskan keluhannya. Setelah itu, saya diminta untuk kasih lihat invoice pembelian. Nah saya jelasinlah kalau belinya di Singapore. Lalu saya tanya: 

Priawadi : 'Bisa nggak service garansi internasional?'
Mbak iBox : 'Bisa, asal masih ada garansinya' 

Nah, waktu itu saya tidak tanya biaya servisnya sih. Saya pasrah aja, yang penting AirPods saya bisa sehat. Yang mereka pegang cuman AirPods dan Invoice-nya dan kalau sudah selesai nanti akan dihubungi via telepon atau whatsapp. 

Jum'at, 17 Januari 2020 (Ambil AirPods)

Kamis malam, saya ditelepon oleh pihak iBox Menteng kalau AirPods-nya sudah bisa diambil besok. Lumayan cepat juga ya prosesnya, saya pikir bakalan berbulan-bulan karena barangnya dikirim ke Singapore dulu. 

Pada hari Jum'at, kebetulan saya lagi ada kerjaan di client di Kementerian Perdagangan depan Monas (Dekat banget dengan iBox Menteng Central). Kebetulan setelah jum'atan kerjaannya sudah selesai, jadi saya langsung pamitan buat ambil barang. Sesampainya di iBox, saya langsung ambil nomor antrian. 

Sesaat kemudian dipanggillah nomor antrian saya oleh mbak-mbaknya. Saya langsung dikasih AirPods-nya dan diminta untuk tes apakah masih ada masalah atau tidak. Setelah saya cek dan tidak ada masalah dan invoice juga sudah dikasih. Di print-lah invoice-nya. Saya harap-harap cemas dong. Dag-dig-dug mikirin berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk servis. Setelah selesai di print, dikasihlah ke saya invoice-nya. 

Setelah saya lihat, ternyata 0 Rupiah dong! Lalu saya tanya ke mbak-mbaknya, dan ternyata memang GRATIS selama belum lewat masa garansinya. AirPods saya sebelah kanan yang rusak itu diganti dengan yang baru, karena AirPods tidak bisa di servis.

Biar tambah meyakinkan, saya kasih foto invoice-nya. Disana tertulis kalau biaya service-nya 0 rupiah alias GRATIS!

Invoice Service 0 Rupiah


Penutup

Jadi kesimpulannya, ternyata Klaim Garansi Internasional Apple di Indonesia itu Gratis selama masih ada masa garansi dan memang belinya di Tempat Resmi Apple. Jadi buat teman-teman yang selama ini mungkin takut untuk klaim produk apple baik itu iPhone, MacBook, AirPods garansi Internasional, tidak ada salahnya untuk membawa produk tersebut ke service center resmi Apple. Daripada dibawa ketempat servis abal-abal dan garansinya jadi hangus. Lebih baik dibawah ke service center resmi yang sudah terjamin kualitasnya.