• Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa

Search

Loading...

Skripsi VS NgeBlog


SKRIPSI? Hmm.... Jujur saya lagi bingung-bingungnya sama topik skripsi nih. Bikin gak bisa tidur siang dan malam (#lebay). Mendengar Kata Skripsi mungkin agak sedikit parno bagi mahasiswa tingkat akhir. Yahh kira-kira sama kayak mimin-lahh... (:p). Coba kamu lihat deh ekspresi para Mahasiswa Tingkat Akhir kalau ditanya tentang skripsi, pasti mimik wajah mereka langsung berubah! Gak jadi kamen rider juga... Gak usah lebay deh. Hehehe...

Tak bisa dipungkiri, banyak teman-teman saya yang ber-argumen "Ahh.... Lw kan sudah biasa ngeblog zi, pasti gampanglah buat nulis skripsi. Kan sudah biasa nulis, pasti nanti lw gak bakalan kehabisan kata-kata. Malah bahkan kata-kata tersebut bakalan datang dengan sendirinya bagaikan air yang mengalir" . Beuhhh..... Rasanya seperti dilempar ke Korea dan disuruh gabung sama Super Junior menggantikan Heechul karena muka gue mirip sama Heechul!! Beuhh.... Rasanya itu gak mungkin banget (:p). Jujur nih sob, ngeblog itu berbeda pake "banget" dengan membuat skripsi. Kalo menulis skripsi ada aturan mainnya, sedangkan ngBlog adalah curahan hati yang dalam penulisannya pun gak ada aturan tertentu. Jadi kita bisa bebas sebebasnya mencurahkan apa yang ada di otak kita tanpa harus terikat sama aturan tertentu.

Sedikit penjelasan tentang Skripsi. Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah yang berisi paparan tulisan penelitian untuk membahas suatu masalah di bidang ilmu tertentu, skripsi biasanya merupakan syarat bagi mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Tidah hanya itu, skripsi juga mempunyai beberapa aturan dalam sistematika penulisannya. Ukuran huruf, margin, jenis penelitian yang digunakan, dan segala macamnya. Jadi skripsi nggak bisa di buat asal-asalan sob. Apalagi kalau pembuatannya dibimbing oleh dosen pembimbing dan proses pembuatan skripsi itu berbeda-beda. Ada yang sampai 4 semester ga kelar-kelar. Kasian banget, mereka terus dikejar sama orang tuanya supaya cepat lulus, dan dikejar-kejar pacar yang sudah minta dinikahin. Tapi apa daya skripsi belom kelar.....

Sebenarnya faktor yang mempengaruhi cepat atau tidaknya seseorang dalam menyelesaikan skripsi itu buanyak banget, dan yang pasti gak cuman dari mahasiswa itu sendiri. Terkadang dari dosen pembimbing mereka yang membuat sulit pengerjaan skripsi itu. Kurang inilah, kurang itulah, salah disinilah, salah disitulah, bahkan ada yang tega sampai nyuruh ganti judul. Tapi di kampus saya gak begitu sob, semua dosennya baik-baik kok! (Takut ada dosen yang baca :p). Nahh... Makannya gak sedikit dari mahasiswa di Indonesia yang depresi dengan yang namanya skripsi. Ada yang sampai berhenti di tengah jalan karena gak kuat menghadapi dosen pembimbing skripsi, malah ada yang sampai kebawa ngigo pas tidur dan secara gak sadar meneriakkan kata "Skripsi!!!" (Sumpah, Bukan gue!!) dan gak jarang juga ada yang jadi kurus gara-gara mikirin skripsi (Hmm... Lagi-lagi bukan gue! :p).

Sedangkan ngeBlog atau blogging sendiri merupakan wadah bagi kita untuk meng-ekspresikan diri kedalam tulisan. Jadi dalam ngeBlog gak ada aturan dalam membatasi kita untuk ber-ekspresi. Penggunaan bahasanya juga tidak harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku, bisa kita campur pake bahasa daerah, bahasa gaul atau mungkin 4l4y. Blog juga gak harus berisi sesuatu yang informatif, kalau mau curhat juga monggo gak apa-apa asal kita rela membagi privacy kita dengan orang lain dan yang pasti NgeBlog gak ada dosen pembimbingnya sob!! Hahaha.... Kita bisa bebas sebebasnya menulis apa yang kita pikirkan, tapi asalkan tidak menyinggung unsur SARA. Enaknya ngeBlog juga ngak harus di print out atau bahkan di-laminating kayak skripsi! Ngabisin kertas aja, gak tau apa hutan sekarang sudah semakin menipis :p. Cintai bumi dengan mengurangi pemakain kertas!!!

Ngeblog juga gak dibuat stress dengan judul atau topik yang harus ada variable-variabel atau hitungan-hitungannya. Dengan ngeBlog kita bisa berbagi ilmu, belajar menulis yang baik, berbagi informasi, mendapatkan teman, atau bahkan duit. Semua itu tergantung dari individu masing-masing bagaimana cara memanfaatkan blog-nya masing-masing. Bahkan sekarang blog-pun bisa menjadi personal branding. Hmm.... Keuntungannya ada banyak banget ya?

Nahh jadi gak salah apabila banyak para blogger yang kesulitan dalam menulis skripsi. Karena memang menulis skripsi itu lebih sulit dari pada ngeBlog. Bahkan menurut saya, ngeBlog itu lebih menarik daripada skripsi! Huahaha... Tapi nulis skripsi-nya jangan sampai telat juga (:p)





Related Post



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 priawadi.com All Rights Reserved.