• Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa

Search

Loading...

Tutorial Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri (Custom Domain)

Kali ini saya ingin mencoba membuat Tutorial tentang Cara Mengganti Domain Blogspot ke Domain Sendiri (Custom Domain). Nah, kebetulan saya beli domain di rumahweb.com. Terserah teman-teman sih sebenarnya mau dimana, cari yang nyaman menurut teman-teman aja. Sebelum membeli domain harus kita perhatikan dulu, kita cuman mau membeli domain atau dengan hosting sekalian. Bedanya apa sih?

Nah kalau pake blogspot kita bisa milih cuman mau beli domain saja atau sekalian domain+hosting. Cuman beli domain dalam hal ini semua file-file blog kita disimpan di Google, jadi nggak perlu repot-repot bayar hostingan pertahun. Tapi kelemahan cuman beli domain itu kita jadi nggak bebas berkreasi, seperti bikin email sendiri, nyetting-nyetting segala macemlah yang bakalan kita dapet kalo kita beli hostingan sendiri. Tapi kalau cuman sebatas blog mah gw rasa nggak perlulah ya buat beli hostingan, apalagi lumayan merogoh kocek kalau dihitung-hitung pertahunnya dan lagi kalau beli hosting kita harus memindahkan semua artikel yang ada di blogger ke wordpress. Jadi lumayan ribet xD

Oke lanjut ke topik. Setelah teman-teman berhasil membeli domainnya. Sekarang tinggal pengaturan lagi supaya blog temen-temen yang namadomainteman.blogspot.com menjadi domainteman.com atau apalah itu domainnya. Oyya, karena saya pake layanan dari rumahweb.com jadi tutorialnya sesuai dengan settingan di rumahweb.com ya :V

Berikut tahapan-tahapannya :
1. Kita login dulu ke http://clientzone.rumahweb.com/
2. Pada dashboard pilih Domains -> Domainku



3.  Setelah itu akan ada list nama domain yang sudah teman-teman beli. Trus dikanan pilih Manage domain.



4. Selanjutnya pilih Management Tools -> Manage DNS



5. Setelah itu klik tombol Add New Record



6. Selanjutnya isi isian untuk A Records dengan IP sebagai berikut

- IP = 216.239.32.21 TTL = 14400 selanjutnya klik tombol Add Record. Setelah itu isi lagi dengan :
- IP = 216.239.34.21 TTL = 14400 selanjutnya klik tombol Add Record. Setelah itu isi lagi dengan :
- IP = 216.239.36.21 TTL = 14400 selanjutnya klik tombol Add Record. Setelah itu isi lagi dengan :
- IP = 216.239.38.21 TTL = 14400



Setelah semuanya ditambahkan, maka kalau dilihat akan seperti ini tampilannya :


7. Untuk langkah selanjutnya teman-teman login ke Blogger. Masuk ke Setelan -> Dasar. Dibagian Penerbitan klik Tambahkan Domain Khusus




8. Selanjutnya masukkan alamat domain baru teman-teman kedalam form yang disediakan, nanti akan ada 2 buah token atau apalah itu yang diperlukan untuk mendaftarkan CNAME di rumahweb tadi.



9. Setelah itu kembali lagi ke Langkah 6. Tapi Record Type-nya diganti dengan CNAME dan disesuaikan dengan token yang ada di Blogger pada Langkah Nomer 8.
- Domain = www                             Hostname = ghs.google.com           TTL = 14400
- Domain = tokenSebelahKiri       Hostname = tokenSebelahKanan   TTL = 14400



Setelah setting DNS selesai maka kembali lagi ke blogger.com dan klik tombol Simpan. Apabila tidak ada error maka tampilannya akan segera berubah menjadi seperti dibawah :


Perlu teman-teman ketahui, proses perubahan DNS memerlukan waktu paling tidak 1-24 jam. Sehingga apabila custom domain yang teman-teman setting belum bisa diakses kemungkinan prosesnya belum selesai dan teman-teman tinggal menunggu saja dengan sabar. Tapi berdasarkan pengalaman saya sendiri, setelah selesai maka saya langsung bisa mengakses halaman custom domain saya setelah selesai melakukan setting DNS. Apabila teman-teman mengalami kesulitan tinggal menghubungi Support RumahWeb.


Semoga bermanfaat :)


Related Post



Copyright © 2017 priawadi.com All Rights Reserved.