• Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa

Search

Loading...

T-SMS | Aplikasi SMS untuk Tunanetra Berbahasa Indonesia | Android

Hay hay teman-teman semua, udah lama sekali sepertinya saya gak bikin postingan. Biasaaa admin lagi [sok] sibuk! BTW Selamat Tahun Baru 2013! #MainKembangApi (Walaupun telat tapi gpp soalnya ini postingan pertama di tahun 2013). Hehe

Nahh kali ini postingan saya tentang aplikasi yang saya bikin. Namanya T-SMS | Aplikasi SMS untuk Tunanetra Berbahasa Indonesia berbasis Android. Aplikasi ini rencananya ditujukan untuk tunanetra yang kesulitan dalam mengetik SMS di Handphone. Jadi nantinya si pengguna tinggal mengeluarkan suara dan aplikasi otomatis mengubah suara tersebut dalam bentuk teks. Tidak hanya itu saja, supaya si pengguna yakin apakah aplikasinya sudah menulis dengan benar, aplikasi dilengkapi dengan fungsi mengubah teks menjadi suara sehingga apa yang tertulis akan dikeluarkan dalam bentuk suara. Tapi dalam penggunaannya juga bisa dipake sama khalayak umum sih (:p) dan yang pasti aplikasinya menggunakan Bahasa Indonesia!

Berikut Screenshoot aplikasinya :

Logo Aplikasi
Splashscreen Aplikasi T-SMS

Halaman Awal

Halaman Menerima Inputan Suara dari Pengguna
  
Halaman Memroses Suara Pengguna

Hasil Proses Suara dalam Bentuk Teks

Keterangan : 
- Button dikotak merah fungsinya untuk mengubah suara menjadi teks
- Button dikotak ungu fungsinya untuk mengubah teks menjadi suara
- Button dikotak kuning fungsinya untuk mengirim SMS

Sebenarnya masih banyak banget yang belum saya tambahkan di aplikasi ini, kalau aplikasinya hanya seperti ini sepertinya tunanetra juga masih kesulitan menggunakan aplikasinya. Rencananya nanti pengen dibikin seperti SIRI jadi gak ada button-button lagi. Pengguna tinggal memerintahkan aplikasinya dengan menggunakan suara jadi seperti ada timbal balik antara pengguna dengan aplikasinya gitu. Tapi sepertinya sulit, apalagi bikin corpus-nya!! Butuh duit banyak brohh!! Muahahaha... :p

Oyya, yang belum sempat saya tambahkan di aplikasi ini :
1. Ngambil Contact Number di Phonebook
2. Memindahkan semua kotak masuk ke dalam aplikasi, sehingga aplikasi juga bisa melihat kotak masuk yang ada di handphone tersebut dan mengubahnya ke bentuk suara dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi ini sebenarnya saya ikutkan untuk PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta) saya dan teman-teman tapi karena projek NLP (Neuro-Linguistic Programming) juga tentang pemrosesan suara jadi saya jadiin buat projek NLP juga dan sepertinya SKRIPSI saya juga tentang pemrosesan suara!! Jadi aplikasi ini merupakan step buat bikin projek PKM - NLP sama SKRIPSI!! #muahahahaha......

Yasudah, mungkin cuman itu saja. Mau bergegas nyari teman buat belajar, besok besok udah UAS choyy...!!! BTW mohon doanya ya teman-teman moga UAS-nya lancar. Aminn.... ^^

Ehh hampir lupa, kalo ada masukan bisa dikomen aja dimari. Siapa tau bisa sebagai masukan bagi saya untuk perbaikan aplikasinya kedepan :)


Related Post



Copyright © 2017 priawadi.com All Rights Reserved.