Membuat Virtual Host dengan XAMPP


Lagi chat sama temen, intinya nanyain gimana cara gabungin SMARTY sama CODEIGNITER. Ehh dianya nyombong kalau di tempat PKL-nya make VIRTUAL HOST. Lantas saya yang masih "neubie" langsung bertanya-tanya apa itu VIRTUAL HOST? Setelah dijelasin panjang lebar, ohhh baru tau ternyata itu toh fungsinya. Hmm.... Menarik,,

Jadi gini, biasanya kan kita gunain webserver lokal seperti XAMPP untuk mengakses web yang ada pada folder htdocs. Nahh untuk mengakses web tersebut harus diawali dengan mengetik localhost terlebih dahulu diikuti dengan nama folder website yang kita buat, misal https://localhost/contohweb atau https://localhost/projekeren hal ini tentu saja kurang "keren". Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan fasilitas VIRTUAL HOST punya APACHE.

Misal, XAMPP ada di c:\webserver\xampp, kemudian projek web yang dibuat terletak di c:\webserver\xampp\htdocs\priawadi.com, kemudian kita mau mengakses web dengan alamat https://priawadi.com maka langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut :

Edit file apache\conf\extra\httpd-vhost.conf dengan notepad++ atau sejenisnya, tambahkan item berikut pada bagian paling bawah :

NameVirtualHost 127.0.0.1:80
<VirtualHost 127.0.0.1:80>
DocumentRoot d:\webserver\xampp\htdocs
ServerName localhost
</VirtualHost>
<VirtualHost priawadi.com>
DocumentRoot d:\webserver\xampp\htdocs\priawadi.com
ServerName priawadi.com
<Directory d:\webserver\xampp\htdocs\priawadi.com>
Options Indexes FollowSymLinks
AllowOverride All
Order allow,deny
Allow from all
</Directory>
</VirtualHost>

Kemudian edit file windows\system32\driver\etc\hosts menggunakan notepad++ tadi (untuk win vista caranya klik kanan program notepad -> Run as administrator) tambahkan baris berikut
127.0.0.1 priawadi.com

Restart Apache via "service" dengan cara mengetikkan services.msc pada RUN untuk winXp atau Search pada Vista kemudian ENTER.

Terakhir, coba akses projek web di localhost dengan alamat https://priawadi.com.

Selamat mencoba ^^