Cara mudah melindungi artikel dari copy-paste dengan Tynt | Tips Blogger

Cara mudah melindungi artikel dari copy-paste dengan Tynt | Tips Blogger - Kali ini saya akan berbagi pengetahuan kepada temen-temen blogger mengenai Tynt. Tynt?? Apa sieh??

Tynt merupakan sebuah layanan GRATIS tentunya, karena saya tahu temen-temen pasti seneng banget sama yang gratisan (saya juga begitu :p) yang fungsinya untuk melindungi artikel kita dari copy-paste, sebenarnya tidak melindungi juga sieh tapi yang jelas apabila ada orang yang melakukan copy-paste dari artikel temen-temen, nanti bakalan secara otomatis menyertakan link sumber atau link blog temen-temen yang dicopy (Apabila kita memasang script dari Tynt pastinya).

Berikut langkah-langkahnya :
1. Temen-temen kunjungi https://www.tynt.com/
2. Daftar dulu dan masukkan email, domain dan lain sebagainya
3. Setelah daftar nanti temen-temen bakalan diberikan script, copy script tersebut.
4. Masuk ke blogger, pilih Template dan klik Edit HTML
5. Centang Expand Widget Template
6. Cari </head>, Ctrl+f supaya lebih gampangnya
7. Paste script yang kita dapat dari Tynt tadi tepat diatas </head>
8. Klik Simpan Template

Untuk mengecek apakah script kita sudah dipasang dengan benar atau belum, temen-temen bisa mengecek di https://id.tynt.com/script/main tentunya login dengan akun temen-temen terlebih dahulu. Lalu klik Test My Script. Apabila tidak terjadi kesalahan maka akan ada pemberitahuan SUKSES (dengan bahasa inggris tentunya :D) atau bisa juga mencobanya dengan meng-copy artikel temen-temen ke tempat lain dan lihat apakah sewaktu di paste itu menyertakan link temen-temen atau belum?? Kalau belum berarti terjadi kesalahan dalam pemasangan script.

Selamat mencoba^^