• Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa

Search

Loading...

Cara cepat instalasi Laravel dengan Laragon | Tutorial Laravel

Apa itu Laravel?

Laravel adalah sebuah framework pengembangan aplikasi web yang sedang naik daun saat ini. Kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan untuk mengembangkan aplikasi web tidak main-main. Mudah dipelajari dan sangat rapi.

Apa itu Laragon?

Laragon adalah aplikasi yang membantu kita untuk membuat local server semisal XAMPP/WAMPP. Sesuai dengan tagline-nya, hanya dengan klik sana klik sini kamu bisa membuat Development Environement yang terisolasi, fleksibel serta portabel secara cepat dan mudah. Kita bisa memindahkan folder projek Laragon kemana saja dan masih work tanpa harus setting apapun lagi.

Instalasi Laragon

1. Unduh installer laragon di https://laragon.org/

2. Jalankan installer hasil unduhan


3. Check tanda “Auto create virtual hosts”. Kalau di check maka setiap menjalankan laragon dengan priviledge Administrator (Run as Administrator), URL project akan menjadi lebih cantik.


4. Setelah ter-install klik Menu


5. Langkah selanjutnya adalah menjalankan semua service yang dibutuhkan dalam proses developement seperti Apache, MySQL dan PHP Server. Tapi saya biasanya cuman Apache dan MySQL.


6. Selanjutnya copy projek ke path “…./laragon/www/[nama projek]”



7. Sekarang buka di browser localhost/[nama projek] untuk membuka projeknya. Misal projek default Laravel seperti dibawah ini.


8. Untuk membuka projek dengan URL yang bagus, maka matikan dulu Laragon. Lalu jalankan lagi sebagai Administrator.


9.       Kalau kita mencentang “Auto create virtual hosts”. URL-nya akan secara otomatis dibuat dengan format [nama projek].dev




Copyright © 2017 priawadi.com All Rights Reserved.