Tips menata rumah minimalis supaya terlihat luas

Setelah sebelumnya saya membuat artikel desain rumah minimalis tapi tetap cantik dan terlihat luas, sekarang saya akan membuat tips menata rumah minimalis supaya terlihat luas. Karena kalau hanya desain-nya saja yang minimalis tapi tidak tahu bagaimana cara menata-nya kan percuma, jadi sayang banget. Desain yang sudah dibuat jadi tidak ter-optimalkan dengan kurangnya pengetahuan kita dalam menata rumah. Kalaupun tidak mau repot, teman-teman tinggal beli atau sewa apartemen yang minimalis sehingga tidak terlalu mengeluarkan uang yang banyak. 

Nah berikut beberapa tips dalam menata rumah minimalis supaya terlihat luas:

1. Penerangan yang cukup
Pada desain rumah yang minimalis, usahakan membuat penerangannya cukup dan jangan sampai terlihat suram. Karena dengan penerangan yang kurang baik atau suram akan membuat rumah dan ruangan terasa kecil.

2. Pilih warna yang cocok
Seorang desain interior menjelaskan bahwa apabila penerangan rumah anda kurang bagus, maka hindari cat rumah berwarna putih. Soalnya akan ada suatu bayangan yang menyebabkan ruangan akan terlihat suram dan kotor. Oleh karena itu, pilih warna yang cocok supaya bayangannya sejelas cat putih dan membuat rumah terlihat lebih besar dan nyaman. Karena suasana suram akan membuat ruangan terasa kecil.

3. Tambahkan cermin
Dengan adanya cermin, akan membuat seolah-olah ada ruangan baru di dalam cermin tersebut dan itu yang membuat ruangan akan terlihat lebih luas. Cermin juga digunakan sebagai pemantul cahaya lampu, sehingga ruangan akan terlihat lebih terang dan nampak natural. Untuk rumah yang minimalis, anda bisa meletakkan cermin yang besar pada sudut ruangan atau bisa juga dibelakang suatu furniture.

4. Perabotan pemantul cahaya
Apabila anda tidak terlalu suka dengan cermin besar, maka ada alternatif lain selain cermin yaitu perabotan pemantul cahaya. Perabotan pemantul cahaya akan merefleksikan objek ataupun cahaya didepan furniture tersebut. Dengan adanya cahaya yang cukup pada ruangan, akan membuat ruangan lebih terang dan terlihat lebih besar. Contoh dari perabotan pemantul cahaya: vas bunga stainless steel, pajangan aluminium, dan lain sebagainya.

5. Peletakan furniture besar
Ada yang mengatakan, lebih baik metelakkan satu furniture besar daripada furniture kecil tapi banyak. Dengan begitu rumah kita akan terlihat lebih luas, karena semakin sedikit perabotan yang ada dirumah maka akan membuat rumah terlihat lebih luas dan dengan begitu kita juga akan lebih mudah untuk mengganti desain rumah karena perabotannya sedikit. Contohnya: Dengan meletakkan satu karpet besar, satu lampu gantung besar, satu cermin besar, atau satu lukisan besar di rumah.

Demikianlah tips dalam merancang rumah minimalis supaya terlihat luas. Semoga artikel ini bermanfaat.


Desain rumah minimalis tapi tetap cantik dan terlihat luas

Tidak bisa dipungkiri, sekarang mencari rumah yang besar dan bagus sudah sangat sulit. Apalagi dengan semakin banyaknya rumah yang dibangun membuat kita mencari tanah atau lahan yang luas sudah semakin sulit, dan yang paling penting harganya sudah melangit. Alternatif yang paling mudah adalah dengan merancang rumah minimalis, tapi tetap cantik dan terlihat luas.

Sekarang, sudah begitu banyak contoh-contoh rumah dengan desain minimalis. Ada beberapa yang sering di-share di social media, website-website, dan lain sebagainya. Alternatif lain, teman-teman bisa mendapatkan inspirasi desain rumah minimalis di urbanindo.com. Ada begitu banyak contoh rumah dan apartemen minimalis disana. Kalau belum bisa membuat rumah, misal kesulitan mencari tanah dan desain yang bagus. Teman-teman bisa langsung membeli atau menyewa apartemen disana.

Jujur saja, diumur saya yang sekarang. Saya sudah mulai memikirkan ingin membuat rumah seperti apa untuk masa depan nanti kalau saya sudah menikah, dan dengan penghasilan yang sekarang tentu saja sangat sulit untuk membeli rumah yang besar dan megah. Oleh karena itu, saya berusaha mencari alternatif dan desain rumah minimalis tapi tetap terlihat cantik dan mewah. Sehingga saya, calon istri, dan calon anak-anak saya nantinya akan betah tinggal disana.


Ada begitu banyak desain yang bagus, berikut saya lampirkan beberapa desain rumah minimalis yang saya dapat di social media dan dari urbanindo.com. 

Desain rumah minimalis 1

Desain rumah minimalis 2

Desain rumah minimalis 3

Rumah minimalis

Bagaimana? Bagus tidak? Semoga nanti kesampaian ya untuk memiliki rumah seperti itu. Aamiinn....


Implementasi MultiLanguage di CodeIgniter

Dalam tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat multilanguage di projek kita menggunakan Framework CodeIgniter. Jadi ceritanya kemarin saya disuruh belajar CodeIgniter untuk membuat multilanguage di projek yang sudah dibuat sebelumnya. Sudah lama banget nggak ngoding pakai PHP, jadi rada canggung juga kalau disuruh ngoding pakai PHP. Hehe

Beruntung CodeIgniter sudah menyediakan fitur untuk multilanguage, jadi kita bisa dengan mudah membuat fitur tersebut, Tinggal setting dan koding sedikit, selesai deh. Caranya bagaimana? Simak tutorial berikut sampai selesai:

1. Berikut struktur folder dari Projek CodeIgniter, jadi untuk membuat multilanguage kita cuman men-setting 4 folder penting di dalam folder application:

Struktur folder di CodeIgniter

2. Klik di folder application, nanti akan keluar semua folder seperti dibawah ini (yang akan kita setting adalah folder yang di highlight merah):


3. Pertama: Folder application/config/ (untuk meng-enable Hooks)
Buka folder config dan cari config.php dan cari $config['enable_hooks'] dan ganti FALSE menjadi TRUE

4. Kedua: Masih di dalam folder application/config/
Cari hooks.php selanjutnya copy-paste kodingan dibawah ini (untuk mendefinisikan Hook-nya):

$hook['post_controller_constructor'] = array(
    'class'    => 'LanguageLoader',
    'function' => 'initialize',
    'filename' => 'LanguageLoader.php',
    'filepath' => 'hooks'
);

5. Selanjutnya buat file LanguageLoader.php dan buat kelas LanguageLoader di application/hooks/ kodingannya seperti dibawah:

<?php
class LanguageLoader
{
    function initialize() {
        $ci =& get_instance();
        $ci->load->helper('language');
        $siteLang = $ci->session->userdata('site_lang');
        if ($siteLang) {
            $ci->lang->load('message',$siteLang);
        } else {
            $ci->lang->load('message','english');
        }
    }
}


6. Sebelum membuat kodingan untuk switch bahasanya, kita harus pastikan kalau settingan application/config/autoload.php seperti dibawah: (Untuk men-load session library dan URL helper)

$autoload['libraries'] = array('session');
$autoload['helper'] = array('url');

7. Selanjutnya buat file LanguageSwitcher.php di application/controllers/ dan copy-paste kodingan dibawah ini:

<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');
class LanguageSwitcher extends CI_Controller
{
    public function __construct() {
        parent::__construct();    
    }

    function switchLang($language = "") {
       
        $language = ($language != "") ? $language : "english";
        $this->session->set_userdata('site_lang', $language);
       
        redirect($_SERVER['HTTP_REFERER']);
       
    }
}

8. Nah, terakhir di folder application/language/ buat folder bahasa yang mau kita buat. Misal disini saya membuat multilanguage hanya untuk 2 bahasa saja, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris (bisa dibuat banyak).

Di dalam folder language

Masing-masing di dalam folder tersebut (english dan indo), buat file message_lang.php dan isinya contohnya seperti dibawah:

- Di application/language/english/message_lang.php

<?php
$lang["menu_test"] = "Test";

- Di application/language/indo/message_lang.php

<?php
$lang["menu_test"] = "Testing";

Poin pentingnya adalah kita harus membuat ID contoh "menu_test" yang sama antara bahasa Inggris dan Indo supaya aplikasi bisa tahu kalau kita pilih bahasa inggris maka akan ditampilkan itu, dan kalau Indonesia akan ditampilkan satunya lagi.

9. Terakhir, di Folder application/view/ tambahkan dropdown berikut untuk mengubah bahasanya:

<select onchange="javascript:window.location.href='<?php echo base_url(); ?>LanguageSwitcher/switchLang/'+this.value;">
<option value="english" <?php if($this->session->userdata('site_lang') == 'english') echo 'selected="selected"'; ?>>English</option>
<option value="indo" <?php if($this->session->userdata('site_lang') == 'indo') echo 'selected="selected"'; ?>>Indonesia</option>
</select>
<p><?php echo $this->lang->line('menu_test'); ?></p>

NB: Sengaja saya selipkan <p><?php echo $this->lang->line('menu_test'); ?></p> diatas untuk mengetes apakah yang kita buat sudah benar atau belum.

Untuk multilanguage-nya:

Kalau ingin membuat multilanguage di View:
<p><?php echo $this->lang->line('menu_test'); ?></p>

Kalau ingin membuat multilanguage di Controller:
$this->lang->line('menu_test')

Sekian dan Terima gaji.

Source: http://www.codexworld.com/


Copyright © 2017 priawadi.com All Rights Reserved.