Cara cepat Instalasi Laravel 7 dengan Laragon | Tutorial Laravel



Artikel di update per-tanggal 13 Maret 2020.


Teman-teman yang menggunakan Sistem Operasi Windows pasti sudah familiar dengan XAMPP. XAMPP adalah aplikasi untuk kebutuhan pengembangan website PHP di komputer secara lokal. Untuk pengembangan aplikasi PHP biasa, sebenarnya XAMPP sudah sangat mumpuni, karena XAMPP sudah satu paket dengan Apache dan MySQL

Akan tetapi, sangat disayangkan XAMPP tidak mengikuti perkembangan zaman dan terkesan kaku. Sangat berbeda dengan Laragon yang dibuat begitu dinamis dan banyak kemudahan. Salah satu contoh kemudahannya adalah untuk Instalasi Laravel 7 seperti yang akan kita jelaskan dibawah.


Daftar isi:

  1. Sekilas tentang Laravel
  2. Sekilas tentang Laragon
  3. Instalasi Laragon
  4. Instalasi Laravel 7 dengan Laragon
  5. Penutup

Sekilas tentang Laravel

Untuk pengembangan website, PHP menjadi salah satu Bahasa pemrograman yang sangat dinamis dan sering digunakan oleh programmer, dikarenakan oleh kemudahan dan banyaknya dokumentasi beserta forum yang bisa membantu apabila mendapatkan kendala. Berbeda dengan Bahasa pemrograman lain yang dokumentasinya sedikit dan tidak terlalu banyak forum untuk berdiskusi. 

Laravel diluncurkan pada tahun 2011 dan mengalami perkembangan yang sangat signifikan sampai sekarang. Tidak lama setelah diluncurkan, Laravel sudah menjadi salah satu framework yang sangat populer di dunia, tidak terkecuali di Indonesia pastinya. Ada begitu banyak website, baik itu lembaga Pemerintahan maupun Swasta yang menggunakan Framework ini.

Jadi, apa itu Laravel? Laravel adalah sebuah framework pengembangan aplikasi website berbasis PHP yang dibangun dengan konsep MVC (Model, View, Control). Kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan untuk mengembangkan aplikasi website dengan framework ini tidak main-main. Laravel sendiri dirancang untuk meningkatkan kualitas dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan pemeliharaan, serta menghemat waktu karena begitu banyaknya library yang siap pakai.


Sekilas tentang Laragon

Laragon adalah aplikasi yang membantu kita untuk membuat lokal server di komputer pada Sistem Operasi Windows. Kurang lebih sama seperti XAMPP. Akan tetapi, Laragon menyediakan berbagai fitur tambahan yang menarik serta sangat relevan untuk kebutuhan pengembangan website. 

Laragon dibuat oleh Leo Khoa. Beliau adalah Head of DevOps di salah satu perusahaan Saas ternama. Sesuai dengan tagline-nya, hanya dengan klik sana klik sini kamu bisa membuat Development Environement yang terisolasi, fleksibel serta portabel secara cepat dan mudah. Kita bisa memindahkan folder projek Laragon kemana saja dan masih berjalan tanpa harus konfigurasi apapun lagi. 

Kelebihan lainnya adalah fleksibilitas dan penggunaan resource yang kecil. Laragon tidak menggunakan windows service, dia mempunyai service sendiri yang dinamai service orchestration yang fungsinya untuk memanajemen service secara asynchronous dan non-blocking, sehingga Laragon lebih cepat dibanding pesaingnya. 


Instalasi Laragon

1. Unduh installer laragon di https://laragon.org/download/

Ada 3 edisi Laragon sampai saat ini.
  • Laragon Full: Berisi Apache, Nginx, MySQL, PHP, Redis, Memcached, NodeJS, npm, yarn, git, dan lain sebagainya
  • Laragon Lite: Tidak termasuk NodeJS, npm, yarn, git
  • Laragon Portable: Hanya berisi PHP dan MySQL

Teman-teman tinggal pilih installer sesuai dengan kebutuhan. Semakin lengkap fiturnya, tentu saja size aplikasinya lebih besar. 

2. Klik 2x pada file installer. Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah. Klik tombol Run.



3. Selanjutnya, akan muncul gambar seperti dibawah: 
Pilih sesuai dengan Bahasa yang diinginkan. Disini kita memilih Bahasa default English, lalu klik tombol OK. 



4. Setelah itu, akan muncul gambar seperti dibawah. Klik tombol Next.



5. Langkah selanjutnya adalah memilih folder untuk meletakkan file-file Laragon.
Kita pilih default saja, lalu klik tombol Next.



6. Selanjutnya kita disuruh memilih konfigurasi untuk Laragon. Apakah auto start pada saat komputer kita nyalakan. Apakah langsung membuat Virtual Host, dan juga apakah mau menambahkan Notepad++ dan Terminal saat klik kanan pada Mouse

Pilihan tergantung teman-teman. Tapi untuk tutorial kali ini, kita centang saja semua lalu klik tombol Next.



7. Akan muncul halaman detil apa saja yang akan di-install seperti dibawah. Selanjutnya klik tombol Install dan Tunggu sampai proses instalasi selesai.



8. Setelah semuanya selesai ter-install, maka akan muncul halaman seperti dibawah. 
Kita diberi pilihan apakah ingin membaca file README dan atau menjalankan Laragon. Kita centang Run Laragon, lalu klik tombol Finish.



9. Aplikasi Laragon akan terbuka, dan tampilannya seperti dibawah ini:



Instalasi Laravel 7 dengan Laragon

1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah klik Menu, pilih Apache, lalu klik Start Apache.
Hal ini digunakan untuk menjalankan webserver Apache.



2. Langkah selanjutnya adalah menjalankan database MySQL. Caranya klik Menu, pilih MySQL, lalu klik Start MySQL


3. Setelah Webserver Apache dan database MySQL jalan. Maka langkah selanjutnya adalah membuat projek Laravel 7. Biasanya kalau ingin membuat projek baru dengan Laravel kita menggunakan command prompt/terminal dan mengetikkan:

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog

Dengan Laragon kita tidak perlu repot-repot untuk menghafal atau mengetik command diatas. Yang kita perlukan hanyalah klik Menu, pilih Quick App lalu pilih Laravel

Catatan: Tidak hanya projek Laravel saja yang kita buat. Tapi kita juga dapat membuat projek Wordpress dan Drupal 8 disini.



4. Selanjutnya kita buat nama projek, misal kita buat blog-priawadi, lalu klik OK.


5. Setelah itu akan otomatis terbuka Command Prompt/Terminal proses instalasi projek Laravel 7. Apabila sudah selesai, maka akan muncul halaman seperti dibawah.


Dari keterangan diatas dapat kita lihat bahwa:
  • Projek berada di folder C:/laragon/www/blog-priawadi 
  • Projek dapat diakses dengan menggunakan Pretty Url di halaman http://blog-priawadi.op. Kenapa menjadi .op? Karena sebelumnya saya pernah install Laragon dan membuat Pretty Url menjadi .op, sehingga pada saat install kembali, konfigurasi sebelumnya tidak terhapus.  

6. Nah, apabila kita akses Pretty Url diatas dengan menggunakan Browser, maka akan muncul halaman seperti dibawah:


Penutup

Dengan menggunakan Laragon kita dapat dengan mudah instalasi projek baru (baik itu Laravel maupun Wordpress). Tidak hanya itu, Laragon juga memberikan banyak kemudahan seperti kemudahan mengganti versi PHP, kemudahan mengganti versi MySQL, dan juga dilengkapi dengan Tools bawaan yang sangat membantu programmer dalam mempermudah pekerjaannya. Hal inilah yang menjadi alasan banyak Programmer Web yang beralih dari XAMPP ke Laragon.