Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin | Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah salah satu masjid terbesar, tercantik, dan termegah di Brunei Darussalam. Lokasinya terletak di pusat kota, tepatnya di jalan McArthur, Bandar Seri Begawan. Masjid ini juga merupakan masjid yang pertama kali saya singgahi sewaktu pertama kali ke Brunei Darussalam, kalau tidak salah waktu itu hari Jum'at jadi sekalian sholat Jum'at.

Waktu itu saya berpikir, "Wahh... gawat nih kalau nanti Khotib khutbah pakai bahasa Inggris atau kalau nggak pakai bahasa Arab semua. Alamakk.... Bisa susah Berbie ngartiinnya. ahaha". Tapi alhamdulillah ternyata menggunakan bahasa Melayu, jadi Berbie bisa sedikit mengerti apa yang Khotib bicarakan. Soalnya bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia tidak terlalu berbeda.

Kembali lagi membahas Masjid Omar Ali Saifuddin, dengar-dengar kubah dari Masjid ini terbuat dari Emas Murni. Tapi yaaa... Saya tidak tahu juga, belum pernah saya tes sendiri dan tidak tahu gimana cara ngetesnya. Haha, masjid ini akan semakin indah kalau dilihat waktu malam hari. karena pada malam hari akan banyak lampu-lampu yang ikut menghiasi masjid ini.

Ohh iya, kalau teman-teman ke Brunei jangan lupa ke Masjid ini. Katanya sih kalian belum ke Brunei kalau belum ke Masjid ini. Haha, soalnya banyak turis-turis juga yang datang dan masuk ke Masjid ini. Biasanya disediain sejenis Jubah Hitam di depan masjid untuk turis-turis, kan biasanya para turis pakai baju yang minim dan celana pendek. Jadi mereka boleh masuk ke dalam kalau mereka pakai jubah itu.

Berikut beberapa dokumentasi pribadi saya:

Madjid Omar Ali malam hari
Foto : Dokumentasi Pribadi

Masjid Omar Ali Tampak Malam Hari
Foto : Dokumentasi Pribadi

Masjid Omar Ali Tampak Siang Hari
Foto : Dokumentasi Pribadi

Masjid Omar Ali dilihat dari Yayasan
Foto : Dokumentasi Pribadi

Masjid Omar Ali dilihat dari Yayasan
Foto : Dokumentasi Pribadi

Masjid Omar Ali dilihat dari Yayasan Siang Hari
Foto : Dokumentasi Pribadi

Kalau yang ini ada yang narsis gitu :p
Foto : Dokumentasi Pribadi



Taman Rekreasi Persiaran Damuan | Brunei Darussalam

Kali ini saya ingin sharing salah satu tempat jogging favorit saya selama di Brunei Darusssalam, namanya Taman Rekreasi Persiaran Damuan letaknya di Jalan Tutong dan bersebelahan langsung dengan Istana Nurul Iman tempat Sultan Brunei tinggal.

Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit saya karena letaknya yang kebetulan tidak terlalu jauh dengan tempat saya tinggal (Ban 2A, Kilanas). Tempatnya tidak terlalu terbuka jadi tidak terlalu panas, pemandangannya yang lumayan bagus karena bersebelahan dengan Istana Nurul Iman dan Sungai tempat lalu-lalang kapal besar pengangkut barang tambang. Jadi yaaa lumayanlah untuk sekedar refreshing dan cuci mata (Yaaa walaupun kebanyakan yang jogging udah tua-tua, tapi terkadang ada juga yang masih ABG dengan body yang aduhai). Haha

Ohh iya, taman-taman di Brunei rata-rata difasilitasi tempat workout dan tempat untuk bermain anak-anak (kebetulan sekarang taman di Bandung juga sudah dilengkapi fasilitas seperti itu). Jadi setelah selesai jogging kamu langsung bisa melemaskan otot-otot badan di tempat workout atau bermain dengan anak-anak. #lho

Tidak kalah penting, tempat ini selalu ramai oleh para pe-jogging tangguh setiap harinya. Beuhh.... Ohh iya hampir lupa, disini juga ada toilet dan tempat makannya juga. Jadi kalau kelaparan bisa langsung beli makanan disana, atau mau makan di toilet juga bisa. #iuhhhh

Berikut beberapa dokumentasi pribadi saya:

Sungai tempat kapal tambang lalu-lalang
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Lampu... Ya! Itu lampu :3
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Bersiap untuk lari dari kenyataan :D
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Narsis dulu di depan papan haha
(Foto : Dokumentasi Pribadi)

Narsis di depan peta... Itu peta... Itu peta... Peta bukan sih? haha
(Foto : Dokumentasi Pribadi)



Copyright © 2017 priawadi.com All Rights Reserved.