Mengatasi Internet Emulator Android yang Terhalang Proxy

Hello hello hello, selamat pagi teman-teman (nengok jam laptop menunjukkan pukul 06:22 pagi). Di pagi yang cerah ini sebelum praktikum PPCD (Pengantar Pengolahan Citra Digital) pengganti (karena hari senin kmaren kebetulan saya gak ikutan). Saya  mau menyempatkan diri membuat atau memberi tips bagi kamu yang kesulitan internetan di Emulator Android karena ternyata kampus kamu menggunakan proxy. Padahal udah di setting dan internetan udah bisa! Tapi kok diemulatornya gak jalan ya?

Nahh gak usah pusing-pusing, sebenarnya kita hanya perlu sedikit menggunakan CMD dan menambahkan PATH emulator androidnya. Bagaimana caranya? Cekidott....
1. Tambahkan dulu lokasi tools SDK untuk emulator android ke dalam PATH. Lokasinya dimana ya? Hmm... Kalau kalian menggunakan ECLIPSE coba klik menu window -> preferences -> lalu pilih Android. Nahh nanti disana ada SDK Location, copy saja dan pastekan di File Explorer lalu masuk ke folder tools atau tambahkan saja tools pada ujung lokasi tadi. Kalau saya letaknya di C:\Users\Ozi Priawadi\AppData\Local\Android\android-sdk\tools.
2. Setelah itu klik kanan pada My Computer -> Properties -> Advanced System Settings -> pada tab Advanced pilih Environment Variables. Lalu pada PATH tambahkan C:\Users\Ozi Priawadi\AppData\Local\Android\android-sdk\tools. Setelah selesai klik OK.
3. Langkah selanjutnya buka CMD (Command Prompt) lalu run sebagai Administrator lalu ketikkan perintah :
emulator -avd namaEmulator -http-proxy proxy:port
Keterangan :
namaEmulator : Ganti sesuai nama emulator yang kamu buat

Misal kalau di IPB saya menggunakan perintah seperti ini :
emulator -avd Android233 -http-proxy https://172.17.0.18:8080

Oke, sudah selesai selamat besenang-senang dengan Androidnya :)