• Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa

Search

Loading...

Cops Search | Aplikasi Search Engine menggunakan Sphinx


Hallo teman-teman pengunjung setia blog saya (#narsis). Apa kabar? Hehe, kebetulan kmaren saya dan teman-teman kelompok kuliah TKI (Temu Kembali Informasi) atau kalau bahasa daerah saya menyebutnya dengan Information Retrieval selesai presentasi tugas membuat Search Engine dengan menggunakan Framework atau Library dari Sphinx. Kalau mau tau gimana cara bikinnya baca aja postingan saya Membuat search engine sederhana menggunakan Sphinx.

Nahh adapun nama projeknya "Cops Search" dengan motto "-akan berusaha mencari apa yang anda cari-". Hehe, ini projek iseng sih. Nemu ide bikin logo sama nama projeknya aja pas H minus beberapa jam sebelum presentasi. Kalo hari-hari sebelum-sebelumnya masih mencari bugs-bugs yang merajalela (#maklum masih newbie). Malam sebelum presentasi sih sempat kepikiran ide untuk bikin projeknya gimana, tapi karena koneksi internet dikosan lola (#maklum pake yang gratisan :p) mangkannya saya ngenet dikampus.

Sesampainya dikampus seperti biasa FB-an, buka email, blog dan segala macemnya sembari menunggu teman buat ngerjain tugasnya secara online. Tapi apa daya udah ampe jam 12 malem ternyata itu orang gak online-online, di SMS-in juga gak dibales. Berhubung udah jam 2 dini hari (#udah biasa begadang XD) akhirnya saya pulang ke kosan. Sesampainya dikosan pasang alarm buat ngebangunin jam 5.30 pagi, soalnya presentasi pas kuliah jam 7 paginya.

Paginya tiba-tiba kebangun karena ada yang nelpon. Aduhh siapaaa lagi yang iseng nelpon pagi2 buta gini, udah tau saya masih ngantuk. Pas liat jam, pukul 4.58 dini hari. Aduhh, males banget coba ngankat telpon gak jelas. Yawda di silent dah, tidur lagi. Ehh ternyata nelpo lagi ampe berulang kali dan berulang kali-pun saya silent. Pas ditelpon lagi saya geram juga, akhirnya iseng liat handphone. Siapa sih ini yang nelpon!!! Dannn..... ehh ternyata teman satu kelompok yang malemnya ditungguin online kagak nongol-nongol. Pas liat handphone ada sms ternyata dia udah di depan kosan! Mampuss..... Terpaksa bangun dah, huhu...

Pintu dibuka lalu sayanya langsung cuci muka trus sholat. Selesai sholat baru nanya projeknya udah nyampe mana, liat liat liat ternyata nama projek, desain, logo sama IMK-nya belum sesuai sama selera saya. Yawda deh, langsung buka lepi dan searching-searching akhirnya dapatlah ide bikin logo "Cops Search". Berhubung aplikasinya masih cops dan yang bikinnya juga cops akhirnya dibuatlah logo ini XD.

Nahh pas presentasi saya niat amet jadi pembuka presentasi, pengennya sih supaya anak-anak gak serius amet sama presentasi kami. Ngomong-ngomong-ngomong akhirnya saya minta ditampilin logo Cops Search. Pas ditampilin logonya saya lalu cuap-cuap,

"Inilah aplikasi kami, namanya Cops Search. Cops Search, -akan berusaha mencari apa yang anda cari-. Jadi aplikasi kami ini akan berusaha mencari semua yang anda cari, tapi jangan salahkan kami kalau tidak semua yang anda cari akan ditemukan disini. Mungkin bagi kalian yang Jomblo, yang ingin mencari Pacar disini? Maaf.... Anda akan kecewa!! #pokerFace"

Berikut screenshoot aplikasi yang kami buat :

Halaman Utama

Hasil pencarian

Nama Kelompok :

Iedfian
Nuzula S M
Sapariansyah
Fiqrotul Ulya
Retno Wijayanti
Ozi Priawadi



Related Post



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 priawadi.com All Rights Reserved.