Tips supaya blog cepat terkenal dan cepat menghasilkan duit (1)

Iseng nih bikin ginian, tapi setidaknya saya mau bagi-bagi pengetahuan sama teman-teman yang mau/baru mau/udah bikin blog tapi pengen dapet sesuatu yang lebih dari blog tersebut. Sebut saja duit,red XD

Sebenarnya sih saya juga NEUBIE dalam dunia per-bloggeran, dan ilmu saya juga masih jauh dibandingkan suhu-suhu yang lainnya yang penghasilan blognya bisa ampe 4 juta bahkan belasan juta lebih perbulan atau bahkan puluhan atau ratusan? Entahlahh.. Yang pasti mereka udah DEWAnyalah dalam dunia per-bloggeran, saya cuman bisa nyengir ngeliat penghasilan dan kegigihan mereka dalam merawat blognya.

Awalnya sieh saya bikin blog dari iseng-iseng berhadiah. Awalnya karena melihat teman-teman yang sudah ngambil mata kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) tugasnya disuruh di posting di blog masing-masing. Nahh karena saya gak punya blog dan saya belum ngambil mata kuliah IMK, gak ada salahnya saya duluan bikin blog supaya nanti pas ngambil mata kuliah IMK blog saya sudah ada isinya. Ehh tapi kesininya malah tertantang pengen dapet lebih dan malahan sudah menjadi hobi. XD

Oyya langsung aja ke tipsnya, takut kelupaan jadi kebanyakan curhat.

1. Konten adalah segalanya
Konten adalah segalanya! Bagaimana tidak, seseorang yang mengunjungi blog kita pasti karena ada sesuatu konten di blog kita yang menurutnya menarik untuk dibaca atau dilihat. Tapi yang harus kita jaga adalah jangan sampai kontennya hasil kopi paste dari blog orang lain. Karena search engine seperti google dan segala macamnya gak suka sama konten yang sama persis atau hasil kopasan dari blog orang lain. Sebenarnya mau kopas juga gak masalah sieh, tapi jangan sampai sama persis. Yahh kopas juga kudu kreatif sob, artikelnya ditambahin sama kata-kata kita kek or ambil bagian yang pentingnya aja dan kalau bisa dibawah artikelnya ditambahin sumbernya dari mana. Nahh kalau kita gak ingin artikel kita dikopas begitu saja sama orang lain, sobat bisa lihat postingan saya tentang Cara melindungi artikel dari copy paste.

2. Tampilan blog dibuat semenarik mungkin
Nahh setelah konten, hal lainnya yang perlu kita perhatikan adalah tampilan blog kita sob. Karena semakin menarik tampilan blog kita maka akan semakin banyak juga orang yang bakalan betah melihat blog kita. Kalau sobat gak bisa bikin template sendiri gak usah repot. Ada banyak template yang bagus dan FREE kok!! Template saya juga bukan bikinan sendiri soalnya (#malu). Template yang FREE bisa sobat dapatkan disini :

https://btemplates.com/
https://www.zoomtemplate.com/

3. Pasang Meta tag, Meta title, Meta description blog
Setelah mendapatkan template yang bagus jangan lupa kita harus mengatur dan menambahkan Meta tag, meta title dan Meta description blog kita. Tujuannya supaya blog kita lebih SEO friendly dan mudah dikenali oleh Search Engine. Kenapa harus search engine? Karena kemana-mana pasti kebanyakan orang-orang mencari sesuatu melewati perantara search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Untuk pengaturannya sobat bisa baca postingan saya disini :

https://priawadi.blogspot.com/2012/01/jurus-sakti-optimasi-seo-blogspot-tips.html
https://priawadi.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-metatag-description-dan.html
https://priawadi.blogspot.com/2012/02/meta-tag-dan-meta-title-terlengkap-tips.html

4. Share postingan ke berbagai social media
Yang ini gak kalah pentingnya sob! Setelah kita capek-capek buat artikel, tentunya kita gak mau repot kan buat nge-share postingan kita ke berbagai social media punya kita supaya teman-teman kita banyak yang baca itu artikel/postingan kita? Nahh saya ada trik menarik nih, jadi dengan cara ini kita gak usah repot-repot copy url artikel setelah itu di paste di social media milik kita. Jadi nantinya ini aplikasi bakalan secara otomatis nge-share postingan kita ke semua social media yang kita punya. Harus didafterin dulu tentunya. Kalo tertarik, sobat tinggal baca aja postingan saya yang satu ini.

https://priawadi.blogspot.com/2012/02/cara-mudah-share-postingan-ke-berbagai.html

dan jangan lupa juga pasang LIKE button Facebook di akhir artikel. Supaya kalau ada yang suka sama artikel yang kita buat biasanya kan pengunjung akan meng-klik tombol LIKE. Nahh dengan meng-klik tombol LIKE == secara otomatis pengunjung nge-share artikel kita di social media (Facebook) miliknya. Caranya bisa teman-teman dapatkan disini :

https://priawadi.blogspot.com/2011/12/cara-mudah-memasang-like-button-tips.html

5. Buat daftar isi atau sitemap blog kita
Cara ini supaya pengunjung blog kita gak usah susah-susah mencari artikel yang sudah kita posting dan dengan dipasangnya daftar isi juga bisa memudahkan pengunjung untuk mencari artikel yang dia suka. Kalau sobat pengen tau cara bikinnya baca saja disini https://priawadi.blogspot.com/2012/01/membuat-daftar-isi-blog-otomatis.html

6. Pasang related post atau artikel terkait
Ini gak kalah penting sob, supaya blog kita semakin banyak dibaca kita harus memasang ini. Setelah pengunjung membaca artikel kita, jangan lupa kita sadurkan artikel terkait yang sejenis dengan artikel yang sudah dia baca. Supaya pengunjung jadi keblinger membaca artikel lainnya, caranya bisa dibaca disini https://priawadi.blogspot.com/2012/01/cara-memasang-related-post-di-blogspot.html

7. Pasang iklan di blog
Setelah semuanya beres, sobat pasti ingin mendapatkan duit kan dari blognya? Nahh setelah semuanya sudah siap dan pengunjung di blog sobat sudah banyak dan tetap, sobat tinggal daftarin deh blog sobat di media yang menyediakan jasa untuk iklan. Baik itu PPC, PPA, PTC atau apalah itu baik yang lokal maunpun interlokal. Seperti :

- Google Adsense
- Innity
- IdBlogNetwork
Sitti
- Chitika

Dan masih banyak lagi yang lainnya, untuk hal ini nanti kita bahas lagi atau sobat bisa cari-cari artikel yang khusus membahas ini.

Catatan :
Setelah teknik-teknik diatas sudah diterapkan, jangan lupa blognya tetap dirawat. Posting artikel baru kalau bisa sehari sekali atau minimal dalam satu bulan adalah yang diposting. Mau curhat kek or apa yang penting ada artikel baru di blog kita. Nahh yang gak kalah pentingnya kalau blog kita masih tergolong baru dan FRESH, diusahakan jangan dipasang IKLAN dulu sob. Soalnya pengunjung agak risih juga kalau ada blog baru tapi udah masang iklan dimana-mana. Lagian kalau pengunjung blognya masih sedikit kan buat apa? Mending usaha buat maksimalin dulu supaya dapet pengunjung yang banyak.

Hmm... Semua ilmu yang saya dapat selama bertapa selama ini sudah saya turunkan sob. Tapi belum semuanya sih, nanti akan saya bahas di postingan selanjutnya. Artikelnya masih Coming soon... :)