• Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa
  • Jadilah orang yang sesederhana mungkin yang kamu bisa

Search

Loading...

[Studi kasus] bunyi beep terus dan install ulang laptop NOZA

Kemarin saya diminta tolong temen saya untuk memperbaiki laptopnya yang bermasalah, karena saya baik hati akhirnya saya bersedia diminta tolong. Walaupun diiming-iming dikasih makan gratis :p

Yapz... Setelah sampai ke TKP, layaknya seorang DOKTER saya memeriksa dan mengumpulkan berbagai macam hipotesis sehingga menjadi fakta yang nantinya bisa saya simpulkan menjadi sebuah keputusan dalam memilih kira-kira penyakit apa yang diidap oleh laptop tersebut? #halah....

Berikut tahapan-tahapan pemeriksaan dan hipotesis yang saya buat :
  1. Pada awal menyalakan laptop, laptopnya bunyi "beep" terus pendek tapi lamaa.... (Hmm... sepertinya Hardware-nya yang kena - hipotesis I)
  2. Setelah masuk Windows, sepertinya normal-normal saja. Iseng, saya coba tekan Ctrl+Alt+Del pada keyboard untuk melihat proses yang sedang berjalan. Alamaakkkk.... Gak ngefek apa-apa!! (Wahh... ini VIRUS agaknya - hipotesis II)
  3. Saya buka Explorer dan klik sana klik sini, ett.... Langsung ada pemberitahuan apa mau membuang file tersebut ke Recycle Bin? Gak sampai disitu saja, file apa aja yang saya klik bakalan ada pemberitahuan seperti itu (tapi kadang-kadang juga sieh). Bahkan parahnya karena salah klik akhirnya data di dalam FLASH DRIVE ke hapus semua!! Ahh... tidakkkk!!! Padahal itu isinya BLUE FILM semua!! *eh... (Hmm.... Sepertinya memang karena VIRUS - hipotesis III)
Setelah dilihat dan saya jelaskan kepada sang pemilik akhirnya kita sepakat untuk INSTALL ULANG.

Setelah di install ulang masalah 1 dan 2 sudah beres, walaupun yang nomer satu intensitasnya sudah kurang. Tapi penyakit yang nomer 3 tetep bertahan! Aduh.... Kalau VIRUS kok udah di INSTALL ULANG masih tetep bertahan? Hmm... sepertinya bukan karena virus lagi.

Karena penasaran akhirnya saya nanya sama om Google. Setelah nanya, akhirnya dapat hipotesis yang ternyata berhubungan sama bunyi "beep" di awal tadi. Bunyinya kira-kira seperti ini :

Kalau saat menyalakan Laptop terdapat bunyi "beep" pendek dan lama, kemungkinan terjadi kerusakan pada Hardware.

Langsung kepikiran, "Hmm... Sepertinya Keyboard-nya yang bermasalah, kayaknya tombol Del or Backspace pada saat tertentu dalam posisi menekan, sehingga saat klik file akan dengan sendirinya menghapus file tersebut. Untuk memperbaikinya bersihkan Keyboard tersebut dari debu dan kalau bisa dibersihkan menggunakan kuas dan di spray dengan air contact cleaner. kalaupun tetep tidak pengaruh, ganti Keyboard-nya!!"

Semoga Hipotesis tersebut benar dan akan saya praktekkan nanti setelah sepulang dari CYBER MERPATI. :p

Hmm.... Sepertinya menuju pada FAKTA bahwasanya KEYBOARD-nya yang rusak. :D

Temen-temen bisa baca ini untuk Menganalisis bunyi "beep" pada saat menyalakan laptop dan Mengatasi bunyi beep terus pada saat menyalakan laptop.


Related Post



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 priawadi.com All Rights Reserved.