Jurus Sakti Optimasi SEO Blogspot | Tips SEO | Part I

Jurus Sakti Optimasi SEO Blogspot | Tips SEO | Part I - Wahh... Judul postingannya terlalu LEBAY agaknya :p tapi tak apalah yang penting intinya saya mau berbagi tips and triks seputar SEO (Search Engine Optimization) untuk blogger. Sebenernya sieh saya juga tidak terlalu mengerti masalah SEO, karena saya juga masih neubie dalam dunia per-bloggeran, sumpah!

Jadi intinya saya mau mencoba berbagi tips-tips seputar SEO (Search Engine Optimization) yang saya dapat dari berbagai macam referensi yang saya dapat dari om Google. Yaaa... Kira-kira intinya saling berbagi ilmulah, kan ada hadis riwayat Ahmad Bukhari yang isinya Rasulullah SAW bersabda "Sampaikanlah walau satu ayat". Nah untuk itulah alangkah baiknya kalau ilmu yang saya dapat langsung saya bagikan kepada teman-teman (Karena berbagi itu begitu indah :D).

Berikut kira-kira ringkasan yang saya dapat :

1. Daftarkan blog temen-temen di banyak "search engine"
Dari mana datangnya pengunjung blog temen-temen? Bagaimana seorang pengunjung mengetahui alamat blog temen-temen? Yaa jawabannya pasti dari mesin pencari (search engine). Pengunjung yang masuk ke blog temen-temen datang dari mesin pencari ketika ia memasukkan sebuah kata kunci dan blog temen-temen memiliki kata kunci yang dimaksud. Nahh.. karena alasan inilah temen-temen harus mendaftarkan blog temen-temen ke mesin pencari seperti Google dan Yahoo supaya lallu lintas pengunjung blog temen-temen semakin padat. Bagaimana sieh cara yang paling simple supaya dengan sekali klik kita bisa mendaftarkan blog kita ke banyak search engine? Hehe,, pasti itu yang terbenak di pikiran temen-temen. Namanya juga manusia, kalau ada yang simple kenapa musti yang ribet?? Ya gak temen-temen :D. Nahh untuk itu temen-temen bisa coba daftarkan blog temen-temen ke :

https://freewebsubmission.com/

2. Memasang Metatag Description
Metatag Description  adalah suatu tag yang digunakan untuk memberikan gambaran umum terhadap suatu website/blog. Fungsinya supaya mesin pencari seperti Google mendeteksi gambaran blog temen-temen melalui metatag. Contoh metatag :

<meta name="description" content="priawadi.blogspot.com hanyalah sebuah blog yang dibuat sebagai wadah berbagi, baik itu masalah perkuliahan di ilmu komputer, bahasa pemrograman, renungan-renungan, sampai curhatan pribadi.">
Disarankan supaya jangan terlalu banyak merangkai kata disitu, cukup gambaran umum saja. Katanya sieh jangan sampai lebih dari 200 kata.

3. Memasang Metatag Keyword
Metatag Keyword adalah sebuah kata kunci yang membuat blog temen-temen ditemukan oleh mesin pencari. Struktur metatag sebagai berikut :

<meta name="keywords" content="keyword1,  keyword2 keyword3, ....”>
Yang perlu diingat :

  • Jangan mengulang 3 kata kunci yang sama karena mesin pencari tidak akan suka dan blog temen-temen akan dianggap spam (yang buat bukan manusia) 
  • Jangan membuat keyword yang tidak sesuai dengan blog temen-temen! Karena akan dianggap spam juga oleh mesin pencari.

Teman-teman bisa klik disini untuk mengetahui cara memasang metatag description dan metatag keyword di blog temen-temen.

(bersambung ke Part II)